Vigonews

Warga Poma Minta Bangun Jalan & Program Cetak Sawah Baru Dilanjutkan

Penanaman perdana padi di lokasi percetakan sawah baru program tahn 2017 - 

WOLOMEZE, vigonews.com – Anggota P3A Pomarera, Desa Denatana Timur Kecamatan Wolomeze giat tanam perdana di lokasi percetakan sawah baru, Kamis (21/12/2017).

Penanaman perdana dilaksanakan  oleh Asisten Ekonomi dan pembangunan Hironimus Reba Watu mewakili Bupati Marianus Sae, Kadis Pertanian Paskalis Wale Bai, Camat Wolomeze Kasmin Belo, diikuti unsur  terkait dari TNI dan Polri serta dan masyarakat setempat.

Penanaman perdana menyasar lahan sawah yang baru cetak tahun 2017 seluas 22,76 ha dari target sebelumnya sekitar 32 ha. Dengan perluasan lahan sawah akan memperkuatkan ketahanan dan swasembada pangan.

Usai penanaman perdana, dilanjutkan dengan dialog antara kelompok tani dengan Asisten Hironimus Reba dan Kadistan Paskalis W. Bai, dipandu Camat Wolomeze Kasmin Belo.

Kesempatan ini tidak disia-siakan warga untuk berdialog. Kepala Desa Denatana Timur Robertus Bea, dalam laporannya menyampaikan beberapa keluhan dan permintaan agar menjadi perhatian pemerintah daerah.
 
Kegiatan penanam perdana padi sawah
Dikatakan Bea, untuk mendukung tingkat kesejahteraan dan menghindari masalah social, pihaknya menitipkan 10 harapan (permintaan)  antara lain: programkan kembali percetakan sawah baru; meningkatkan infrastruktur jalan; mengalokasikan bantuan benih secara rutin; membangun jaringan irigasi dan pengarah arus di lokasi P3A;  bantuan alsintan; alokasi rumah layak huni; dukungan terhadap pencanangan desa organic 2018; pembangunan embung mendukung kegiatan teknologi pajale; dan dukungan terhadap pelaksanaan pertanian konservasi lahan dengan system pola tanam, olah lubang dan olah jalur.

Terkait dengan percetakan sawah baru yang minta dilanjutkan, kata Robertus Bea mengingat di desanya masih ada lebih dari 400 ha lahan potensial siap cetak. Sementara untuk suksesnya program pertanian di desa itu, pihaknya meminta untuk peningkatan jalan sepanjang empat km menuju areal pertanian. Petani sulit memobilisasi berbagai kepentingan pertanian kalau kondisi jalan sangat buruk.

Permintaan tersebut oleh Asisten Hironims Reba diterima dan akan ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi daerah. Soal perluasan percetakan sawah baru jika mungkin akan dilanjutkan. Sementara untuk jalan yang tidak layak, kata Hironimus memang mengalami kendala karena jalan yang ada masuk dalam code line sehingga harus melalui PU.(edj)***


Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :