Vigonews

Wisuda Ketiga, STKIP Citra Bakti Peringkat 200 di Indonesia


MATALOKO – Sebanyak 113 mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, Jumat (22/09/2017) akan mengikuti ‘ritual’ tahunan wisuda di kampuas STKIP Citra Bakti, Malanuza, Ngada.

Lebih dari 100 mahasiswa itu berasal dari dua program studi sejak mendapat ijin Dikti untuk membuka program sarjana 2011, yakni: Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR).

Wisuda yang ditandai dengan Sidang Senat Terbuka STKIP Citra Bakti itu akan dihadiri Ketua STKIP Prof. Dr. I Wayan Koyan, Ketua Yayasan Pendidikan Citra Masyarakat Mandiri  Wilfridus Muga, SE, M.Pd, Kopertis Wilayah VIII Bali Nusa Tenggara Porf. Dr. Dasi Astawa, M.Si, Bupati Ngada Marianus Sae, Ketua DPRD Ngada Helmut Waso dan pejabat sipil dan militer, para kepala sekolah, tokoh masyarakat, orang tua wisudawan dan undangan lainnya.

Kopertisi Wilayah VIII  Porf. Dr. Dasi Astawa, M.Si, Bupati Ngada Marianus Sae, Ketua DPRD Ngada Helmut Waso akan disambut di gerbang depan kampus dengan tarian ja’i dan barisan wisudawan yang kemudian prosesi menuju aula kampus.

Ketua Panitia Wisuda,  Ferdinandus Bate Dopo, menjawab vigonews.com, Kamis (21/09/2017) mengatakan, persiapan menjelang wisuda ketiga itu telah rampung.

Sejak mendapat ijin progam sarjana tahun 2011, sebelumnya kampus ini membuka program D-II PGSD yang kala itu bernaung di bawah STKIP St. Paulus Ruteng. Sejak tahun 2011, STKIP Citra Bakti sudah mewisuda 449 sarjana pendidikan dari Prodi PGSD dan PJKR, dengan rincian tahun 2014/2015 sebanyak 139 sarjana, 2015/2016 sebanyak 177 sarjana dan  tahun 2017/2018 mewisuda 113 sarjana.

Sementara Wakil Ketua Sekolah Bidang Akademik STKIP Citra Bakti, Ermelinda Yosefa Awe, M.Pd mengatakan, saat ini STKIP Citra Bakti sudah membuka lima Prodi, masing-masing PGSD, PJKR, PG-PAUD, Pendidikan Musik, Pendidikan Matematika. Untuk PG-PAUD tahun depan sudah bisa diwisuda. Sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan guru PAUD yang terus meningkat.

Dikatakan Ermelinda, Animo calon mahasiswa kuliah di STKIP Citra Bakti terus meningkat. Yang pilih Prodi PG-PAUD dan Pendidikan Musik, cukup baik animo mahasiswanya. Dua Prodi ini sedang dibutuhkan pasar kerja di berbagai lembaga pendidikan, karena itu tamatannya nanti juga cepat terserap pasar kerja.

Menurut Ermelinda, meski STKIP Citra Bakti Ngada merupakan perguruan tinggi baru, namun kehadirannya cukup membantu tamatan sekolah menengah yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Pertimbangan masuk lembaga ini, kata dia, karena murah dan kampusnya dekat sehingga tidak menyebabkan biaya tinggi di luar uang kuliah.

Dan, patut dicatat, bahwa calon mahasiswa yang memilih kuliah di Citra Bakti berasal dari berbagai daerah di Flores bahkan NTT. Disebutkan sekitar 50 persen mahasiswa yang kini sedang kuliah di lembaga ini berasal dari luar Ngada. “Ini artinya, STKIP Citra Bakti sudah menjadi perguruan tinggi pilihan di tanah Flobamora, karena mahasiswanya ada yang dari daratan Sumba dan Timor,” papar Ermelinda.

Pada wisuda sarajana ketiga, papar Ermelinda, pihaknya berbangga karena STKIP Citra Bakti Ngada masuk 200 top institusi di Indonesia dalam Science and Technology Index Kemenristek/Dikti dari 4.444 Perguruan Tinggi di Indonesia. Tentu ini sebuah prestasi dan kerja keras semua pihak baik langsung maupun tidak langsung. (ch)***

foto: Ruang Sidang Senat Terbuka Wisuda III

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :