Vigonews

Rumah Literasi CERMAT Buka Lapak Baca Liburan


KURUBHOKO, vigonews.com - Rumah Literasi Cermat memanfaatkan waktu liburan sekolah dengan kegiatan literasi. Melalui program 'Lapak Baca Liburan' (LBL) itu menggelar berbagai bahan bacaan di Kurubhoko, Desa Nginamanu, Kecamatan Wolomeze, 8 - 9 Juli 2017.

Gelar Lapak Baca Liburan (LBL) bersamaan dengan dilaksanakan Jumpa OMK Kuasi Paroki Kurunhoko yang berlangsung 2 - 9 Juli 2017. Buku-buku yang digelar di LBL seperti cerita anak, buku kaum muda, buku umum dan koran. 

Gelar LBL direspons orang muda Katolik yang sedang gelar Jumpa OMK. Pastor Administrator Kuasi Paroki Kurubhoko, Pater Thobias Harman, OFM memberi apresiasi terhadap TBL. "Kagiatan ini positif untuk meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak yang sedang berlibur dan kalangan muda Katolik di waktu liburan," katanya.

Tuan Rumah Litetasi Cermat, Emanuel Djomba mengatakan, gelar Lapak Baca Liburan spontan saja dilakukan,  sekedar memancing respons dari anak-anak dan kalangan muda saat liburan maupun yang sedang gelar Jumpa OMK. "Semula hanya coba-coba saja, ternyata mendapat respons. Banyak di antara kalangan muda yang minta meminjamkan buku. Senang karena ada respons dari anak muda," kata Djomba.
 

Bahan bacaan yang digelar di LBL, kata Djomba, juga tidak banyak. Hanya sekitar 100 judul, yang lainnya bacaan anak seperti cerita anak, cerita rohani bergambar dan beberapa jenis koran. Melihat animo ini, Djomba yang juga Pimpin Redaksi MEDIA CERMAT itu berencana buka Rumah Literasi di desa ini. "Ini awal yang baik mendorong kami buka rumah litetasi di sini," kata Djomba.

Bahan bacaan itu, kata Djomba hanya dari perpustakaan pribadi miliknya. Belum semua khazanah perpustakaannya yang diturunkan karena sebagian besar koleksi pribadi dan buku-buku akademis. Sementata bacaan cerita anak adalah bantuan dari John Lobo dari Gerekan Katakan dengan Buku. Sejumlah koran juga digelar sebagai baham bacaan bagi maayarakat.


Hanya saja masih perlu biaya untuk bangun Rumah Literasi yang juga menjadi pusat legiatan belajar masyatakat. "Kita juga perlu tambahan banyak buku yang tentu saja kita berharap ada donasi dari siapa saja yang peduli dengan kegiatam Literasi,"  kata Djomba yang aktif mengampanyekan minat baca dan menulis melalui pelatihan jurnalistik untuk berbagai elemen itu.

Rencananya Rumah Literasi Cermat di Kurubhoko, desa Nginamanu, Kecamatan Wolomese juga dirancang dengan berbagai program, seperti pelatihan menulis, pendampingan membaca, dan berbagai kegiatan lomba untuk anak dan remaja. "Kegiatan semacam ini akan membuat Rumah Literasi terus berdenyut sehingga tidak sekedar gudang buku. Melalui kegiatan juga dapat merangsang minat baca masyarakat. Kita juga akan kerja sama dengan desa setempat," kata Djomba. (ch)***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :