Vigonews

Cegah Kanker Leher Rahim Libatkan Kaum Lelaki


BAJAWA, vigonews.com - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Ngada gelar seminar tentang kesehatan reproduksi cegah dini kanker leher rahim. Seminar itu digelar, Selasa (04/07/2017) di aula OCD Bogenga, Bajawa.

Seminar atas kerja sama dengan perusahaan Always Very Aktive in Life (AVAIL) Indonesia itu menghadirkan Dokter Chandra dan Advisor AVAIL Indonesia Monika Titik sebagai narasumber, dengaj tema: "Gerakan Sehat Organ Reproduksi Menuju Indonesia Sehat."

Seminar ini sebagaimana dikemukakan Ketua IBI Kabupaten Ngada, Petronela Dula, sebagai upaya edukasi setelah kasus kanker leher rahim yang kini cenderung meningkat. "Kita berharap melalui kegiatan edukasi seperti halnya seminar macam ini mendapat pemahaman sehingga bisa dilakukan pencegahan dini, agar kasusnya bisa ditekan" jelas bidan senior Ngada ini.

Dikatakan, seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kaum wanita yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, dan upaya pencegahan kanker leher rahim. Mengetahui gejala kanker rahim agar dapat ditangani secara dini. Selain itu, kata Petronela, melalui seminar juga dapat meningkatkan pemahaman tentang kesehatan reproduksi kepada masyarakat pada umumnya dan perampuan pada khususnya.

Seminar ini juga memanfaatkan momen HUT IBI ke-66 dengan tema Nasionalnya: "Bidan Mengawal Kesehatan Keluarga dengan Layanan Holistik dan Berkesinambungan."  Dalam rangka itu, IBI Kabupaten Ngada secara khusus menggandeng  AVAIL memberi pamahaman tentang kesehatan reproduksi dan pencegahan kanker serviks kepada wanita usia subur.
 
Peserta Seminar Kesehatan Reproduksi
Libatkan Kaum Lelaki

Sementara Aaiaten II Setda Ngada, Hironimus Reba ketika membuka seminar itu memberi apresiasi poaitif. Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Ngada ini juga berharap kegiatan seminar atau sosialisasi yang berkaitan dengan masalah kesehatan reproduksi wanita ke depan dapat melibatkan kaum laki-laki atau bapak-bapak secara aktif.

Menghadirkan kaum lelaki pada kegiatan seminar reproduksi semacam ini, kata Hironimus Reba, sangat penting, supaya bapak-bapak juga bisa memahami dan mengetahui keadaan organ reproduksi pasangannya. 

"Saya berharap kedepan, IBI Ngada bisa menghadirkan bapak-bapak dalam seminar seperti ini. Dan, saya akan berikan ruang bagi IBI untuk bicara kesehatan reproduksi dalam rapat pamong praja nanti. Supaya kaum laki-laki juga bisa mengetahui waktu yang tepat untuk wadahi kebutuhan biologis bukan sekedar nafsu saja" Tutur Horonimus yang disambut gelak tawa peserta seminar.

Dia juga berharap, agar kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan sampai ketingkat desa dan melibatkan lebih banyak stakeholders lagi.

Pada seminar ini, dokter Candara memaparkan materi  pencegahan dini terhadap kanker serviks, dan advisor AVAIL Monika Titik menyajikan materi terapi herbal sebagai upaya pencegahan kanker serviks melalui pembalut Avail.

Advaisor Monika Titik yang akrab disapa Bunda mengharapkan agar para bidan menjadi ujung tombak kesehatan reproduksi bagi masyarakat di kabupaten Ngada. "Saya mengharapkan agar masyarakat Ngada bisa kembali ke pembalut sehat, dan bidan menjadi entrpreneur muda". tandas bunda.

Pantauan vigonews.com, seminar ini mendapat perhatian dari banyak elemen seperti para bidan, unsur masyarakat, PNS dan para tokoh. (ch)***

  
Insert foto:

Aisiten II Setda Ngada Hironimus Reba (tengah) diapiti Advisor AVAIL Monika Titik (Ketiga dari kanan), dokter Candra (Kedua dari kiri), Ketua IBI Kabupaten Ngada, Petronela Dula (kedua dari kanan) dan pengurus IBI lainnya.

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :