Vigonews

Persiapan Reba di Langa, Warga Dikejutkan dengan Sampah Kiriman


Vigonews.com, BAJAWA – Tumpukan sampah yang mengirim bau tak sedap dan pemandangan tak elok di Dusun Ngeduleo, Desa Borani dikeluhkan warga. Warga sekitar kaget ada tumpukan sampah misterius yang sebelumnya bersih. Diduga sebagai sampah kiriman lalu dibuang begitu saja oleh orang tak dikenal. Padahal lingkungan dalam keadaan bersih menjelang pesta Reba 15 Januari mendatang.

Warga RT 02 Dusun Ngeduleo Desa Borani bersih sampah yang dibuang oleh oknum yang tidak bertanggungjawab ( 06/01/2017).Pembersihan sampah ini dilakukan setelah menunggu kurang lebih dua minggu sejak teguran lisan kepada pihak yang membuang sampah tepat di pinggir jalan Bajawa- Jerebu’u ini.

Kepada vigonews.com ketika ditemui warga RT 02 Dusun Ngeduleo Adelheid Dhoga mengatakan bahwa pihaknya berinisiatif untuk membersihkan sampah yang ada karena dinilai sangat mengganggu.

"Kami sudah menunggu kurang lebih dua minggu namun hingga saat ini sampah tersebut belum diangkat juga sehingga atas inisiatif kami bersama-sama mengumpulkan sampah dan membakarnya," kata Adel demikian dia biasa disapa.

Dia juga mengatakan bahwa Sampah-sampah yang ada terlihat sangat merusak pemandangan dan menimbulkan bau yang tidak sedap karena terdiri dari limbah rumah tangga dan sisa-sisa material bangunan. Tidak sedikit juga sampah yang berserakan di jalan yakni berupa sisa-sisa material yang bisa mencelakai pengguna jalan raya.

"Selama ini di kompleks kami tidak pernah ada sampah namun kali ini sampah yang datang  dari wilayah kota Bajawa ini diturunkan tepat ditepi jalan di RT kami, tentu kami tidak senang melihat pemandangan baru ini, Katanya.

Sebelumnya pihaknya juga sudah melapor ke Ketua RT 02, Kepala Dusun Ngeduleo dan Aparat desa Borani namun hingga saat ini belum ada kelanjutan untuk membersihkan sampah yang ada.

"Untuk mengantisipasi sampah semakin berserakan dan menimbulkan bau maka kami warga yang terkena dampak sampah ini berinisiatif mengumpulkan dan membakarnya,"katanya.

Sementara itu warga RT 02 lainnya Frida Lae juga mengatakan sangat menyayangkan adanya sampah yang dibuang tidak pada tempatnya ini.
(ml) ****

Insert foto: Warga berupaya membersihkan sampah yang dibuang begitu saja oleh orang tak bertanggung jawab.

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :