Vigonews

Seminar Pendidikan Karakter Awali Kegiatan Bulan Bahasa di SMK PGRI Bajawa


Vigonews.com, BAJAWA - SMK PGRI Bajawa gelar berbagai lomba dalam memperingati Bulan Bahasa tahun 2016.

Kegiatan dengan tema SMK Kreatif dan Inovatif dalam meraih Prestasi ini berlangsung sejak 25 Oktober - 3 November 2016.

Kepada vigonews.com, Rabu ( 02/11/2016) Wakil Kepala Sekolah SMK PGRI Bajawa Fransiskus A. Cewa mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan ini yakni  Meningkatkan kecintaan terhadap bahasa persatuan Indonesia, meningkatkan minat dan keterampilan membaca, menulis, dan berbicara, melalui kegiatan lomba yang dilaksanakan, meningkatkan kompetensi siswa dalam penguasaan bahasa Indonesia dan  bahasa Inggris, serta mengakrabkan tali persaudaraan di lingkungan sekolah.

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemapuan berbahasa yang baik, menanamkan nilai dan karakter dan bisa menjalin kekerabatan dalam lingkungan sekolah, katanya.

Jenis-jenis perlombaan yang digelar yakni Paduan Suara, Solo Vokal, Jai Kreasi, Pidato Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, Volly Putra putri, Futsal Putra putri dan Fragmen Bahasa Inggris.

Frans demikian dia biasa disapa juga mengatakan, bahwa kegiatan ini dibuka dengan  seminar tentang Pendidikan Karakter oleh Pater Remigius Toda OCD, kemudian dilanjutkan dengan  pertandingan Olahraga Volly Putra putri dan Futsal putra putri.

Untuk jenis lomba pidato Bahasa Indonesia, panitia menyediakan tiga tema pilihan yakni ‘Manfaat hutan untuk kelestarian alam, manfaat  bahasa inggris dalam pergaulan dunia, dan  dampak narkoba untuk kaum muda dan bangsa. Pidato bahasa inggris mengangkat tema, yakni peranan bahasa inggris dalam era globalisasi, peran kaum muda dalam membangun bangsa, dan membangun bangsa melalui menabung.

Lebih lanjut Frans juga mengatakan bahwa Sesudah kegiatan bulan bahasa ini akan muncul bakat dan potensi dari siswa siswi yang selama ini tidak mampu diketahui dan selanjutnya tinggal cara membimbing potensi yang ada.

Sementara itu, Lenta Mana siswa jurusan Pariwisata, usai lomba Ja'i Kreasi mengatakan dirinya sangat bangga mengikuti lomba ini karena baginya ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong semangat dan mengurangi rasa gugup saat tampil didepan banyak orang. "Ini sangat bagus untuk melatih mental dan mendorong semangat kami untuk berkarya lebih baik lagi,” kata Lenta. (ml)***

Insert foto: Pentas budaya juga menjadi bagian dari kegiatan Bulan Bahasa, seperti tarian ja'i kreasi.

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :