Vigonews

Relawan Kelas Inspirasi Kunjungi Lamakera


Vigonews.com, FLORES TIMUR – Program Kelas Inspirasi  mengunjungi tiga Sekolah Dasar di Pulau Solor yakni SDN Lamakera, SDI Gorang dan SDK Waikroe. Kegiatan ini diikuti 21 relawan pengajar dan dokumentator, Sabtu (12/11/2016).

Kelas Inspirasi itu program yg dicetus oleh para relawan pendidikan yang dengan sukarela menjadi inspirator mengunjungi Sekolah Dasar untuk bertemu dan memberikan inspirasi kepada siswa di masing-masing kelas selama sehari tentang profesi yang dimiliki dan memberikan penguatan kepada siswa siswi untuk mengejar impian mereka. Kegiatan ini tidak dipungut biaya dan dilakukan secara tulus dan sukarela.

Sebuah program sukarela dari orang-orang yang memiliki ketulusan dan  kepedulian terhadap pendidikan dengan tujuan memberikan inspirasi kepada siswa-siswi untuk mengejar cita-citanya. Para relawan ini diterima melalui seleksi yang cukup ketat dan bersedia ditempatkan di sekolah-sekolah yang menjadi sasaran inspirasi.

Menjelang hari H, program Kelas Inspirasi Flores Timur tahun 2016, peserta  mengadakan briefing. Kegiatan ini dilakukan di aula SMPN 1 Solor Timur (11/11/2016) dan dihadiri oleh 21  relawan Inspirator dan dokumentator yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, DI Jogjakarata, Medan, Kendari, Alor, Bandung,Bogor, Jakarta, Flores Timur, Sikka  dan Ngada  yang  nanti akan melaksanakan kegiatan hari inspirasi di Pulau Solor Kabupaten Flores Timur.

Adapun tujuan diakannya Briefing ini yaitu agar para relawan bisa saling kenal baik relawan pengajar maupun  relawan dokumentator.

Koordinator KI Flores Timur Erma Normasari dalam kesempatannya sangat berterima kasih kepada semua peserta yang telah menjadi relawan KI Flores Timur.

"Kebaikan yang kita tanam selalu membuahkan hasil baik, dan setidaknya kehadiran kita bisa mampu merubah cara berpikir orang lain disekitar kita, dan semoga teman-teman relawan tetap semangat untuk memberikan informasi kepada siswa siswi di tiga sekolah yang akan dikunjungi.

Dari hasil seleksi yang akan mengikuti kelas inspirasi pada hari H tanggal 12 November  2016, sebanyak 21  relawan pengajar dan dokumentator yang akan mengunjungi tiga Sekolah Dasar di Pulau Solor yakni SDN Lamakera,SDI Gorang dan SDK Waikroe.

Erma demikian dia biasa disapa juga mengatakan bahwa Program Kelas  Inspirasi ini dimulai sejak tahun 2012 di Jakarta yg dicetus oleh orang-orang yang peduli dengan Pendidikan di Indonesia dan hingga saat ini meluas ke seluruh pelosok negeri hingga di NTT.

Untuk hari Inspirasinya itu sendiri akan berlangsung di tanggal 12 November 2016 dan peserta yang ada akan dibagi dalam tiga kelompok sesuai dengan tiga sekolah yang akan dikunjungi.
Relawan Kelas Inspirasi sedang melakukan persiapan jelang kunjungan
Dalam sambutannya  sekaligus membuka dengan resmi Kepala UPTD dinas PKPO Kecamatan Solor Timur  Rofinus Werang mengatakan bahwa Puji dan Syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena rahmat dan hidayatnya sehingga KI ini dapat dilakukan di Solor Timur dan kehadiran para relawan menjadi sebuah penghargaan luar biasa.

"Kami sangat berterimakasih dan apresiasi kepada semua Relawan Kelas Inspirasi  yang menjadikan Solor Timur menjadi sasaran di tahun 2016, dengan harapan dapat memunculkan ide -ide cemerlang dan merubah mindset semua siswa sehingga bisa menghasilkan manusia Indonesia maupun Solor Timur menjadi luar biasa.

"Jika semua kelas penuh dengan inspirasi maka semangat untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat dapat menjadi manusia yang kritis dan bermutu. Karena kehidupan bermutu datang dari generasi-generasi baru. Kehidupan bermutu itu butuh kerjasama dari semua pihak untuk saling bahu membahu mewujudkannya," kata Rofin demikian dia biasa disapa.

Sementara itu Mertin Lusi salah satu Inspirator dari Kabupaten Ngada mengatakan sangat tertarik dengan KI ini, karena selain bisa menginsipirasi banyak siswa Flores Timur, juga bisa belajar banyak hal tentang memberi dan menerima.

"Sebagai relawan pengajar, semoga nantinya saya bisa berbagi kepada siswa dan memberikan informasi apa itu profesi saya, yaitu Jurnalis, apa -apa saja yang dikerja, dan bagaimana cara mencapai tujuan. Dan lebih dari itu, meskipun saya belum cukup sukses dalam perspektif sebagai orang, namun setidaknya saya harus mengambil bagian mengenalkan anak-anak pada realita hidup yang tidak seideal yang dibayangkan dan setidaknya mereka memiliki bekal dalam menghadapi  pilihan-pilihan yang ditawarkan,” kata Mertin.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala UPTD Dinas PKPO Kecamatan Solor Timur Rofinus Werang,  Pengawas TK/SD Kecamatan Solor Timur Abubakar Bapa Boleng,Kepala Seksi Pemerintahan  Kecamatan Solor Timur Muhamad Nasir Hasan,

Kepala Sekolah SDI Gorang Samsudin Kiapura, Kepala sekolah  Waikrowe Petrus Subaraya, Kepala Sekolah Lamakera Amrin Subang Boli.(ml)***

Insert foto: Para relawan Program Kelas Inspirasi bersiap-siap bertolak ke Pulau Solor dari Larantuka

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :