Vigonews

Kadis PKPO Vinsensius Milo: Minta Siswa Terus Kembangkan Potensi Diri


Vigonews.com, BAJAWA - Kadis PKPO kabupaten Ngada, Vinsensius Milo  memberi apresiasi atas penyelenggaraan Raimuna Cabang (Raicab) gerakan Pramuka Kwarcab Ngadda di Aimere 26 - 30 Oktober lalu. Kegiatan ini menjadi ajang untuk membentuk karakter siswa melalui kegiatan kreatif, rekreatif, produktif dan edukatif.

Usai menghadiri penutupan kegiatan Raicab, Minggu (30/10/2016) lalu, Sensi Milo, begitu dia biasa disapa kepada media ini  menegaskan, sebagaimana tujuannya, Raimuna adalah kegiatan untuk  membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. "Melalui kegiatan ini menumbuhkan  kreativitas, rekreatif dan produktif yang bersifat edukatif," paparnya.

Vinsensius Milo dalam penutupan kegiatan Raicab didaulat untuk menyerahkan penghargaan kepada 12 siswa terbaik dari sekolahnya masing-masing dalam lomba debat, menulis opini, feature dan menulis berita. Sebelum menyerahkan penghargaan Sensi Milo berpesan agar perstasi yang diraih dalam ajang ini menjadi awal untuk terus berproses menjadi yang terbaik.

Dikatakan Sensi, prestasi dan penghargaan yang diraih itu menjadi sebuah konfirmasi dan catatan tersendiri atas eksistensi sekolah maring-masing. Melalui perstasi itu, sekolah-sekolah tentu memiliki kredit poin tersendiri. "Jadi kalian harus bangga dan sekolah kalian tentu akan bangga karena prestasi yang diraih ini," katanya.

Terkait dengan prestasi dalam lomba debat dan menulis menjadi perhatian Kadis PKPO Ngada ini. Baginya, melalui  jurnalistik yang secara khusus jadi materi kegiatan Raimuna kemudian dilanjutkan dengan lomba menunjukkan kabhwa pramuka tidak saja berurusan dengan baris-berbaris sebagaimana anggapan banyak orang selama ini. Sebaliknya juga menjadi ajang untuk menumbuhkan kreativitas, pengembangan skils dan nalar siswa. Karena itu dia minta kepada siswa yang berprestasi jangan cepat puas melainkan terus belajar dan berlatih sehingga menjadi lebih baik.

Kepada hampir 600 peserta Raimuna, Vinsensius Milo berpesan agar terus berkreasi mengembangkan potensi diri untuk masa depan yang lebih baik. Raimuna adalah pertemuan Pramuka berbentuk perkemahan yang diselenggarakan untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega baik putera maupun puteri dari berbagai satuan Pramuka.

Di bagian lain  penghargaan peserta terbaik kegiatan Raicab dalam bidang  festival budaya dan pionering diserahkan oleh Danramil Aimere Letu (inf) Achmad. Peserta terbaik festival  budaya adalah SMK PGRI Bajawa, SMAN 1 Soa dan SMAK Seminari Mataloko. Sedangkan peserta terbaik untuk kategori kegiatan  pionering adalah  SMAK Seminari Mataloko, SMAK Regina Pacis, dan SMAK Thomas Aquino Mataloko.

Lomba debat keluar sebagai peserta terbaik dari  SMAK Regina Pacis, SMAN 1 Bajawa, dan SMAK Thomas Aquoino. Lomba menulis opini masing-masing:  Klaudia Anastasia Deda (SMAK Regina Pacis), Bernadinus Dealino Bhanda (SMAK Kejora Riung), dan Paskalis Bengaman (SMAK Seminari Mataloko).

Lomba menulis feature masing-masing:  Maria Salvitris Putri Marga (Smansa Bajawa), Alfons Berto Turu (SMAK Regina Pacis Bajawa), dan Yohanes Mario Vianey Ganu (SMAN Riung Barat). Sedangkan lomba menulis berita, peserta terbaik masing-masing: Maria Anjelina Bupu (Smansa Bajawa), Maria Goreti Moi Rema (SMAN 1 Soa), dan  Hendrik T. Y Rato (SMAN Aimere).***
(ch)***

Insert foto: Vinsensius Milo menyerahkan penghargaan penulis dan tim debat terbaik kepada Maria Salvitris Putri Marga (Smansa Bajawa) dan 11 siswa lainnya.

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :