Vigonews

49 Pelajar SMA Negeri 1 Bajawa Ikut Pelatihan Jurnalistik


Vigonews.com, BAJAWA - Sebanyak 49 siswa SMAN 1 Bajawa dari kelas X dan XI, Rabu (19/10/2016) mengikuti pelatihan jurnalistik pelajar di sekolah setempat. Pelatihan yang berlangsung hingga Jumat (21/10/2016) mendatang itu digelar atas kerja sama SMAN 1 Bajawa dengan Koran Masuk Sekolah (KMS) Media CERMAT.

Pelatihan dengan tema ‘Menumbuhkan Kreativitas Melalui Jurnalisme Pelajar itu’ dibuka secara resmi Kepala SMAN 1 Bajawa Drs. Frederikus Sila. Dikatakan Frederikus, pelatihan ini banyak manfaat bagi siswa dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Jurnalistik yang juga menjadi mulok di sekolahnya, kata Frederikus,  menumbuhkan kreativitas dan budaya literasi di kalangan siswa terutama mengembangkan minat membaca dan menulis serta penanaman karakter.

Siswa pada pelatihan itu dipandu oleh  Emanuel Djomba yang juga Pemimpin Redaksi KMS Media CERMAT, Merlyn Iju lalu dari RSPD Ngada dan Mertin Lusi yang juga wartawan muda berbakat.  Hari pertama siswa mendapat materi dasar-dasar jurnalistik, pengetahuan tentang jurnalistik, teknik menulis berita sebagai produk utama jurnalistik, teknik menulis feature dan teknik menulis opini. 

Kemudian 49 peserta dikelompokan dalam kelas berita, kelas feature, dan kelas opini sesuai minat masing-masing. Di kelas ini dilanjutkan dengan pendalaman materi dan pendampingan teknik menulis guna meningkatkan skill peserta dalam menulis. Pada hari kedua, Kamis (20/10/2016) para siswa melakukan kegiatan reportase lapangan. (ch) ***

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :