‘Lampu Merah’ Pergaulan Orang Muda Langa, Terungkap dalam Forum LYD


Vigonews.com, LANGA/BAJAWA – Pergaulan Orang Muda di Langa sudah sangat memprihatinkan. Demikian terungkap sharing kelompok mini midi tingkat SMP, SMA dan Ektra (Mahasiswa dan profesi Kerja) pada forum Langa Youth Day (LYD)  hari kedua di kampung Boradho.

Kegiatan ini diikuti oleh 475 orang muda Langa dari ketujuh stasi yakni Bela, Beja, Boradho, Langagedha, Bomari, Borani dan Wolokoro mulai dari tingkat SMP,SMA dan Ektra.

Dalam acara diskusi itu,  Orang muda dibagi dalam kelompok sesuai tingkatan pendidikan untuk menggali permasalahan dalam pergaulan orang muda masa kini seiring perkembangan globalisasi dan modernisasi khususnya di wilayah paroki Langa.

Selama berproses, sesuai laporan dari masing-masing tingkatan yakni SMP, SMA dan Ekstra ditemukan  permasalahan  diantaranya tentang penyalahgunaan perkembangan tehnologi diantaranya Internet, HP, Televisi dan media sosial lainnya.

Akibatnya banyak orang muda  yang berpacaran ditempat-tempat gelap sehingga tidak sedikit juga yang hamil di luar nikah, banyak yang terlibat kasus kriminal, dan membuat orang muda menjadi lebih egois.

Selain itu juga orang muda diberi kesempatan untuk mencari solusi dalam menjawabi persoalan ini diantaranya menyibukkan diri dalam kegiatan-kegiatan positif  di antaranya bergabung dalam organisasi positif  yang kemudian diperkuat dengan pilihan  ayat-ayat
Kitab Suci di antaranya Mat.5:13-16, 18:8-9, 13:18-20, Luk. 15:31-32, Amsal 3:27 dan ungkapan adat diantaranya: Su'u papa suru, sa'a papa Laka, Bela mae Deke mote mae Ngazo, Kolo setoko, Aze setebu, Laa netu zala page nono wesa, dan Fiki nono dhiri dan Lina pia kisa.

Sementara itu  Direktur Global Workshop Matt Colaciello dalam kesempatan bicaranya mengatakan sangat berterimakasih dan apresiasi kepada Orang Muda Langa yang menyelenggarakan acara Langa Youth Day ini.

 Direktur Global Workshop Matt Colaciello (kiri)
Matt demikian dia biasa disapa mengatakan bahwa kehadirannya di Langa bertujuan untuk mempelajari kehidupan Remaja dan Orang Muda Langa, Ekonomi Lokal masyarakat Langa, Langa Trekking Community, dan Isu Minoritas di Indonesia.

Dengan hadir bersama orang Muda di Langa, lelaki kelahiran Florida- Amerika ini menjadikan media pembelajaran bagi orang Muda di Amerika melalui Video, Music, cerita dan sharing pengalaman bagi orang muda Amerika karena di Amerika tradisi dan ilmu adat leluhur sudah hampir punah. Dan media pembelajaran ini  tidak hanya dari Indonesia saja namun juga dari India dan Afrika Barat.

Dia juga melakukan sharing tentang kehidupan orang muda di Amerika dan ini menjadi bahan refleksi bagi orang muda Langa khususnya.

Selain itu juga dia mengatakan bahwa  pengaruh tehnologi tidak hanya menimbulkan hal-hal negatif namun banyak hal-hal positif yang bisa didapatkan jika masing-masing pribadi mampu menggunakan tehnologi tersebut secara baik.

Sementara itu pastor moderator OMK paroki Langa juga menegaskan bahwa orang muda harus kembali memaknai pergaulan sebagai ungkapan kasih dengan berpedoman pada sukacita Injil dan norma-norma adat istiadat yang berlaku di Langa.(ml)

Insert foto: Orang Muda Katolik Langa dalam kegiatan LYD

Related

Sosial 1732962579970818369

Posting Komentar

Comments
0 Comments

emo-but-icon

Masukan Email Anda

Pekan Ini

Fokus

Komentar

Facebook Vigonews

Twitter Vigonews

layan iklan masyarakat

layan iklan masyarakat
item