Vigonews

Sekali Diterkam Buaya Darat, 36 Jahitan untuk Nikodemus Manu


RIUNG/NGADA, vigonews.com - Pepatah "sebuas-buasnya harimau tidak mungkin menerkam anaknya sendiri," tidak berlaku untuk Nikodemus Manu (60). Maunya menjinakan Mbou (Varanus Riungensis), malah diterkam binatang sejenis komodo itu, karena memang dia bukan 'anak' buaya.


Boleh jadi buaya darat khas Riung, Ngada itu jinak-jinak merpati. Dielus malah bisa jadi 'membunuh'.  Maunya menjinakan malah digigit hingga tangan kanannya luka parah.



Rupanya, pensiunan pegawai  Konserfasi Sumber Daya Alam (KSD) Riung itu terlena dengan 'keluguan' buaya darat berbobot 15 kg dengan panjang 1,2 meter itu. Sekali dua kali Niko masih aman. Ketiga dan empat Niko terlena. Namun berikutnya Niko tersentak dengan sekali terkaman dahsyat menyasar tangan kanan.



Niko terperangah, binatang buas yang dikiranya sudah mulai jinak malah beringas. Serangan buaya itu mencederai tangan kanan hingga harus dilarikan ke puskesmas guna mendapat pertolongan. Tiga puluh enam jahitan menjadi hadiah istimewa untuk Niko.



Peristiwa terkaman buaya darat terhadap warga Nangamese, Riung, Ngada itu dibenarkan Kapolsek Riung Iptu Serfolus Tegu, Senin (05/10/2015).



Dijelaskan Serfolus, saat kejadian, Senin sekitar Pkl.11.00 Niko bersama sejumlah warga menangkap seekor Mbou yang masuk ke ibu kota kecamatan Riung. Setelah tertangkap, Mbou (biawak berukuran besar) itu diikat di kantor KSDA Riung.



Setelah diikat, Niko berusaha menjinakan binatang buas itu. Tampaknya binatang itu 'menurut' dan tak bereaksi. Namun beberapa saat Niko tersentak. Tangan kanannya tak sempat menghindar ketika tiba-tiba diterkam. Akibatnya, Niko mengalami luka parah dan segera mendapat pertolongan medis. Warga kemudian melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian.



Menurut Serfolus, binatang itu diketahui berkeliaran sudah beberapa waktu sebelumnya. Masyarakat di kota kecamatan itu pun mengetahui ada Mbou yang berkeliaran di sekitar pemukiman warga. Khawatir dengan keberadaan binatang buas itu, warga kemudian berupaya untuk menangkapnya.(ch)*

Insert foto: Mbou (Varanus Riungensis) yang ditangkap warga kemudian membawa petaka bagi Nikodemus Manu

Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :