Vigonews

Peng-Gemarikan 'Akhirnya Jadi Gubernur dan Ibu Gubernur'



BAJAWA, vigonews.com  - Gara-gara Gemar makan ikan (Gemarikan), Sandro kemudian jadi gubernur dan Virgin jadi Ibu gubernur. Loh kok bisa? Itulah cita-cita Sandro dan Virgin saat ditanya Ny. Adinda Lebu Raya ketika kampanye Gemarikan,  Rabu (24/09/2015) yang dipusatkan di SDK Kisanata, Bajawa.

"Siapa namanya," tanya Ibu  Adinda. "Sandro," jawabnya.  "Cita-cita  jadi apa nanti?"  "Jadi gubernur," Kata Sandro spontan disambut tawa dan aplaus hadirin serta  siswa SDK Kisanata, Bajawa. Rupanya jawaban Sandro diluar dugaan Ny. Adinda Lebu Raya, demikian pula hadirin saat ikut kampanye Gemarikan. Namun jawaban Sandro yang spontan membuat Ny. Adinda kagum karena dijawab dengan berani dan tanpa rasa ragu.

Siswa SDK Kisanata  menyanyikan lagu "Tiada Hari Tanpa Makan Ikan" menyambut Ketua Forikan NTT, Ny. Lusia Adinda Lebu Raya 
Ny. Adinda kemudian berpesan, "Sandro, cita-cita yang bagus itu. Pa Frans Lebu Raya yang Gubernur NTT itu adalah orang Flores Timur yang sejak kecil  gemar makan ikan." "Sandro suka makan ikan, bukan?" Sandro menganggukan kepala. "Mulai dari sekarang harus  makan ikan terus ya supaya cita-citanya terwujud, karena makan ikan membuat kita sehat dan cerdas," Pesan Ny. Adinda di hadapan  lebih dari 100 siswa SDK Kisanata.

Para siswa ikut demo makan ikan saat kampanye Gemarikan
Berikutnya giliran Virgin. Ditanya cita-citanya mau jadi apa oleh Ny. Adinda, dijawab: "Saya mau jadi guru seperti Ibu Gubernur." Maksudnya sperti Ny. Adinda Lebu Raya. Jawaban Virgin yang spontan sontak disambut aplaus hadirin dan siswa SDK kisanata. "Bagus, itu cita-cita yang mulia sekali. Ibu Adinda juga guru," kata Ny. Adinda kepada Virgin.

Dia menambahkan," tapi ingat! Harus rajin belajar,  makan makanan bergizi seperti makan ikan supaya cerdas dan sehat. Banyak juga makan sayur dan buah-buahan.

Ny. Adinda Lebu Raya selaku Ketua Forikan (Forum ikan) NTT berkesempatan berdialog dengan dua siswa SDK Kisanata, Sandro dan Virgin di sela-sela kampanye Gemarikan di kabupaten Ngada.

Gubernur Frans Lebu Raya  ketika kecil di Flores Timur ternyata sangat gemar makan ikan. Sementara Ny. Adinda Lebu Raya ketika masih kecil di Bali juga gemar makan ikan. "Karena Pa Frans dan Ny. Adinda Lebu Raya  sejak kecil gemar makan ikan, makanya sekarang ini jadi Gubernur dan Ibu Gubernur," kata seorang Ibu guru meyakinkan beberapa siswanya di barisan belakang.

Sandro yang bernama lengkap Aleksandro Djawa Lobo adalah siswa Kelas IIIA SDK Kisanata, anak dari Fery Lobo dan Reineldis Meo. Sedangkan Virgin yang bernama lengkap Virginia Bea adalah siswa kelas IVA SDK Kisanata, anak dari Stefanus  dan Ibu  Marta Bea. (ch)*




Vigonews

Tentang Vigonews -

VIGONEWS.COM “Media Online Lokal – Menulis yang Terlupakan” Vigonews.com, adalah media online berbasis lokal dari tanah Ngada (Flores). Menyajikan informasi, pengetahuan dan edukasi dalam berbagai konten demi mewujudkan masyarakat cerdas – bermartabat; bertindak lokal namun berpikir global. Sebagai kanal informasi, dimana suara-suara lokal dingkat ke permukaan dan diperdengarkan. Mengintepretasikan suara-suara diam membisu dari dusun yang kadang tak dijangkau.

Subscribe to this Blog via Email :